Jumat, 05 Februari 2010

Empat Bank Syariah Berdiri Tahun Ini

JAKARTA,Billzone - Bank Indonesia melansir pada tahun ini terdapat empat bank umum syariah (BUS) yang akan berdiri yakni Bank Jabar-Banten Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank BCA Syariah.

Demikian dikemukakan Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia Ramzi A Zuhdi dalam seminar perbankan syariah Fraksi PKS DPR RI di Jakarta, Rabu (27/1).


“Momentun dikeluarkannya UU No 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah mendorong berdirinya BUS. Pada 2009 lalu berdiri 3 BUS,” kata Ramzi.

Tak hanya BUS, unit usaha syariah (UUS) juga tumbuh bagus. Pada 2009 berdiri 2 UUS baru yakni UUS Bank OCBC NISP dan UUS Bank Sinarmas. "Tahun 2010 ini Maybank berencana membuka UUS," kata Ramzi.

Pada 2010, Ramzi mengatakan arah kebijakan akan ditujukan kepada peningkatan kualitas sistem pengawasan, peningkatan kualitas pengawasan dan SDM perbankan syariah, penguatan permodalan, dan peningkatan efisiensi melalui financial deeping.

“Proyeksi volume industri perbankan syariah pada 2010 termasuk DPK (dana pihak ketiga) harus diikuti peningkatan modal sehingga perbankan syariah tetap memiliki financial buffer yang tinggi,” kata Ramzi.

Menurut dia penguatan permodalan ini secara internal dapat dilakukan melalui devident policy dan penambahan modal baru oleh pemilik atau investor baru.
”Untuk menjaga daya saing dan kinerja industri perbankan syariah dibutuhkan peningkatan efisiensi antara lain melalui financial deeping dengan memperkaya variasi produk dan jasa yang ditawarkan dengan mengedepankan aspek kesesuaian dengan prinsip syariah,”kata Ramzi. (persdanetwork/aco)tribunjabar.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar