Jumat, 05 Februari 2010

Pemerintah Perlu Batasi Operasional Bank Asing

JAKARTA, Billzone - Perbankan menginginkan agar pemerintah membatasi operasional bank asing di Indonesia. Direktur Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bambang Supeno meyakini pembatasan ini akan lebih meningkatkan peran bank nasional dalam penyaluran dana ke sektor riil.

Bambang menyampaikan hal tersebut saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (3/2/2010). "Usulan kami agar pihak perbankan dapat meningkatkan perannya dalam penyaluran dana sektor riil adalah dengan pembatasan operasional bank-bank asing. Dengan ini, sektor riil bisa tumbuh," kata Bambang.

Sebagaimana diketahui, pemerintah mengharapkan pada tahun 2010 ini sektor perbankan lebih berperan aktif pada sektor riil. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 persen tahun ini.

Untuk menggerakkan sektor riil ini, kata Bambang, pemerintah juga harus bisa menciptakan iklim usaha yang sehat, kondusif dan stabilitas keamanan. "Pemerintah juga harus mendorong sinergi antara BUMN strategis," ujarnya.

Langkah lain yang perlu diambil, lanjutnya, pemerintah harus mempercepat pembangunan di bidang infrastruktur, transportasi, energi dan komunikasi. Tak hanya itu, menurutnya, pengembangan komuditas unggulan seperti tebu, karet, sawit, kakao dan beras juga bakal mendorong pertumbuhan sektor usaha.

"Itu untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional," ujar Bambang Supeno.(kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar