Jumat, 05 Februari 2010

Rupiah Masih di Atas 9.300

JAKARTA, Billzone — Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin (1/2/2010) pagi, turun 15 poin, tetapi posisi rupiah yang berada di atas level Rp 9.300 per dollar itu dinilai wajar karena berada dalam kisaran antara Rp 9.300 dan Rp 9.400 per dollar AS.
  
Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turun menjadi Rp 9.335-Rp 9.345 per dollar AS dibandingkan dengan penutupan akhir pekan lalu Rp 9.320-Rp 9.330.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib di Jakarta, Senin, mengatakan, rupiah yang berada di atas level 9.300 cukup aman setelah satu bulan penuh sempat melewati angka Rp 9.400 per dollar AS. "Kami memperkirakan posisi rupiah masih cukup aman, tidak mengkhawatirkan setelah sebelumnya sempat mencapai angka Rp 9.410 per dollar," katanya.
  
Rupiah masih berpeluang untuk menguat lagi apabila kondisi di dalam negeri kembali normal setelah beberapa hari lalu terjadi aksi demo besar-besaran yang menimbulkan kekhawatiran pelaku pasar.

"Pelaku pasar pada saat itu cenderung melepas rupiah. Namun, aksi demo yang berjalan lancar dan tenang mengakibatkan mereka kembali membeli rupiah lagi," katanya.

Meski demikian, lanjut dia, melemahnya bursa Wall Street yang berimbas ke pasar modal Indonesia mengakibatkan rupiah kembali melemah sekalipun koreksi harga terhadap rupiah tidak besar.

Kostaman juga mengatakan, pasar uang Indonesia masih diminati pelaku asing karena selisih bunga rupiah terhadap dollar AS masih tinggi.
tribunjabar.co.id
Faktor tersebut merupakan salah satu alasan bagi pelaku asing untuk tetap bermain di pasar domestik karena mereka ingin mencari untung di pasar dengan gain yang lebih tinggi.(kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar