Minggu, 14 Februari 2010

Gubernur Terkejut Warga Cibiuk Makan Oyek

GARUT, Billzone - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan merasa prihatin dan mengaku terkejut mengetahui ada warga Cibiuk yang memakan nasi oyek. Heryawan mengaku baru mengetahui berita tersebut setelah membaca koran yang disodorkan Tribun, di sela Mukernas Gema Keadilan di Hotel Sabda Alam Cipanas Garut, Sabtu (13/2) pagi.

Seperti diberitakan Tribun hari ini, puluhan warga Kampung Situbatu, Desa Cipareuan, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, terpaksa makan nasi oyek. Mereka sudah dua bulan lebih mengonsumsi makanan tersebut karena tidak mampu membeli beras yang harganya mencapai Rp 6.500-7.000 per kilo.

"Saya prihatin dengan kondisi tersebut. Kalau hanya untuk makanan selingan sih tidak masalah. Hal itu terjadi akibat harga beras yang tidak terjangkau. Makanya kami akan kembali menggelar operasi pasar," kata Heryawan.

Menurut Heryawan, operasi pasar dirasakan cukup efektif untuk meredam dan mengendalikan harga beras yang sempat melambung seperti beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, banyaknya warga yang tidak mampu membeli beras disebabkan ulah spekulan dan pedagang. Karena itu, kata dia, operasi pasar adalah salah satu cara efektif untuk mengontrol harga beras yang tidak stabil.

Saat disinggung mengenai jatah raskin yang diterima warga Desa Cipareuan yang hanya satu hingga tiga kilo per KK, Heryawan mengatakan, hal itu terjadi mungkin karena ketidaksinkronan antara data dan jumlah warga sebenarnya.tribunjabar.co.id

Heryawan mengatakan, ia akan mengirimkan tim ke Cibiuk untuk melihat kondisi di lapangan dan juga mendalami masalah distribusi raskin di desa tersebut. (zam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar